Rabu, 20 April 2016

Kisi UTS Proyek Pengembangan Sistem Informasi - April 2016

Anda sedang berada dalam proses perekrutan karyawan di perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan sistem informasi untuk klien-klien perusahaan. CEO perusahaan, Wina yang masih muda dan brilian, sedang memberikan presentasi dengan tujuan untuk merekrut beberapa calon karyawan yang akan dibimbing menjadi manajer proyek bagi perusahaan. Sesudah memberikan presentasi, Wina meminta anda dan peserta-peserta lain mempersiapkan diri untuk menanggapi beberapa topik yang dia ajukan.



Pertama-tama, Wina bertanya disebut apakah proses pengembangan suatu sistem informasi untuk klien yang selama ini dijalani? Apakah sudut pandang perusahaan dan klien mengenai proses tersebut berbeda ataukah sama? Mengapa? Dan bagaimana cara agar proses tersebut bisa memberikan hasil seperti yang diharapkan?

Kemudian anda diminta tanggapannya mengenai struktur organisasi yang pas untuk perusahaan dan tantangan-tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan sistem informasi. Anda juga diminta memberikan gambaran proses dari mulai sampai diputuskannya suatu proyek yang akan dilaksanakan suatu perusahaan.

Wina juga meminta anda memberikan analisa keuangan sederhana untuk kondisi berikut, dimana terdapat suatu proyek pengembangan sistem informasi yang mempunyai biaya akuisisi USD 25.000 dan memerlukan biaya pemeliharaan sistem informasi untuk tiga tahun berikutnya sebesar USD 20.000 tiap tahunnya. Proyek selesai pelaksanaannya dalam tahun ke-0 atau tahun akuisisinya dan memberikan manfaat tahun ke-1 sebesar USD 80.000 tahun ke-2 sebesar USD 60.000 dan tahun ke-3 sebesar USD 50.000 serta digunakan asumsi penurunan nilai uang sebesar 10% pertahunnya.

Wina juga meminta anda mencari waktu total proyek dan jalur kritis dari suatu proyek yang mempunyai 8 aktivitas seperti data di tabel, dan anda ditanya apa yang akan terjadi dengan waktu total penyelesaian proyek saat ada penundaan penyelesaian suatu aktivitas di sepanjang jalur kritis?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar