Senin, 20 Juni 2016

003 - Contoh soal Estimated Monetary Value (EMV) - 01

Area pengetahuan: manajemen resiko proyek
Tipe: tool untuk analisa kuantitatif resiko


Sebuah perusahaan melakukan analisa kuantitatif resiko proyek pengembangan sistem informasi yang akan mereka laksanakan. Proyek tersebut mempunyai dua kondisi kemungkinan. Kondisi kemungkinan pertama adalah proyek akan berhasil mencapai tujuannya dan kondisi kemungkinan kedua adalah proyek akan gagal. Kemungkinan proyek akan berhasil sebesar 70% dan kemungkinan proyek akan gagal 30%. Jika proyek berhasil, perusahaan akan mendapatkan laba USD 20.000 dan jika proyek gagal, perusahaan akan rugi USD 8.000. Hitunglah estimasi nilai keuangan proyek pengembangan sistem informasi tersebut!



Diketahui:
Tipe proyek --> pengembangan sistem informasi
Kondisi kemungkinan:
  • Berhasil (70%), laba USD 20.000
  • Gagal (30%), rugi USD 8.000


Ditanya:
Estimated Monetary Value (EMV) proyek


Jawab:
Untuk mengerjakan soal diatas, kita perlu ingat kembali bahwa EMV dihitung dengan menjumlahkan hasil perkalian kemungkinan / Probability (P) dan dampak / Impact (I) dari semua kondisi kemungkinan dari proyek, jadi langkah pertamanya akan kita tuliskan kembali ke dalam bentuk tabel.
Setelah disusun dalam tabel, selanjutnya kita hitung nilai P.I atau perkalian Probability (P) dan Impact (I). Setelah kita jumlahkan hasil P.I untuk kedua kondisi kemungkinan, kita dapatkan besar EMV dari proyek tersebut.
Dari perhitungan kita dapatkan Estimated Monetary Value (EMV) proyek sebesar USD 11.600

1 komentar:

  1. Permisi kalau misalnya pertanyaan nya seperti ini gmn ya?
    "Jika membeli teknologi baru butuh biaya 30jt, maka proyek akan mempunyai kemungkinan bertambah pendapatan tertinggi sebesar 50jt dan terendah 25jt. Dgn peluang pendapatan tertinggi 80% dan terendah 20%"
    Terima kasih sukses selaly

    BalasHapus