Senin, 11 Juli 2016

Kisi UAS Proyek Pengembangan Sistem Informasi - Juli 2016

Anda sedang menjalani seleksi tahap kedua perekrutan beberapa calon karyawan yang akan dibimbing menjadi manajer proyek pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan sistem informasi untuk klien-klien perusahaan. Wakil CEO perusahaan, John yang mempunyai pengalaman 10 tahun sebagai manajer proyek meminta anda dan peserta-peserta lain untuk menanggapi beberapa topik berikut.


Pertama-tama, John bertanya apa kegunaan dari Earned Value Management (EVM)? Dan John meminta analisa anda terhadap situasi suatu proyek yang direncanakan selesai dalam waktu 10 bulan dan dengan biaya USD 2.000 tetapi pada akhir bulan ketiga mempunyai nilai PV sebesar USD 300, nilai EV sebesar USD 200, dan nilai AC sebesar USD 500. Apakah proyek ini berjalan sesuai rencana?

Kemudian anda diminta memberikan pandangan mengenai kualitas proyek sistem informasi yang anda ketahui. Apakah kualitas tinggi sudah melekat di produk atau layanan dalam bidang sistem informasi? Bagaimana cara untuk mengembangkan kualitas proyek di bidang sistem informasi?

Anda juga diminta menjelaskan secara singkat teori motivasi Herzberg dan hal-hal yang secara alami bisa mengganggu komunikasi antara individu dalam suatu tim proyek.

John kemudian meminta anda menjelaskan tentang dimensi dari resiko dan cara mengurutkan resiko-resiko yang ada dalam proyek. Anda diminta analisanya dalam merekomendasikan proyek mana yang sebaiknya diikuti tender nya oleh perusahaan. Proyek A mempunyai kemungkinan 30% bisa dimenangkan tendernya dan 70% kalah dalam tender, jika menang tender perusahaan berpotensi untung USD 4.000 dan jika kalah akan rugi USD 1.000. Proyek B mempunyai kemungkinan 80% bisa dimenangkan tendernya dan 20% kalah tender, jika menang akan untung USD 1.000 dan jika kalah akan rugi USD 500. Proyek mana yang anda rekomendasikan untuk ditender? Apa alasannya?

Anda juga diminta analisanya dalam pemilihan keputusan bagi perusahaan antara membeli sebuah genset atau menyewa genset untuk kebutuhan dalam proyek. Jika membeli genset dibutuhkan biaya pembelian USD 2.100 dan biaya operasional USD 10 perhari. Jika menyewa genset dibutuhkan biaya penyewaan termasuk biaya operasional USD 80 perhari. Mana yang anda rekomendasikan? Apa alasannya?

Kemudian John menanyakan bagaimana cara pengurutan stakeholder proyek berdasarkan skala prioritas? Apa saja dimensi dalam pemilahan stakeholder proyek?

Pada bagian akhir, Wina sang CEO perusahaan masuk ruangan dan mempersilakan peserta seleksi yang mau menjelaskan secara singkat tentang framework PMBOK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar