Kamis, 18 Agustus 2016

005 - Area Pengetahuan Manajemen Proyek

Area pengetahuan manajemen proyek (project management knowledge area) mendeskripsikan kompetensi kunci yang perlu dikembangkan seorang manajer proyek. Di dalam PMBOK (Project Management Body of Knowledge) edisi V tahun 2012, terdapat 10 area pengetahuan:


  • manajemen cakupan (scope) proyek, melibatkan pendefinisian dan pengelolaan semua pekerjaan yang diperlukan dalam penyelesaian suatu proyek yang berhasil
  • manajemen waktu (time) proyek, termasuk mengestimasi berapa lama durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, mengembangkan skedul proyek yang bisa dipakai, dan memastikan jadwal penyelesaian proyek secara bertahap
  • manajemen biaya (cost) proyek, terdiri dari menyiapkan dan mengelola budget untuk proyek
  • manajemen kualitas (quality) proyek, memastikan proyek akan memenuhi kebutuhan tertulis dan kebutuhan tersamar dari pencanangan pelaksanaan proyek tersebut
  • manajemen sumberdaya manusia (human resource) proyek, memastikan pendayaan secara efektif dari tenaga yang terlibat dalam proyek
  • manajemen komunikasi (communications) proyek, melibatkan pembuatan, pengumpulan, penyebaran, dan penyimpanan informasi tentang proyek
  • manajemen resiko (risk) proyek, termasuk mengidentifikasi, menganalisa, dan merespon terhadap berbagai jenis resiko yang ada pada proyek
  • manajemen pengadaan (procurement) proyek, melibatkan kegiatan mendapatkan barang atau layanan dari pihak diluar organisasi untuk keberlangsungan proyek
  • manajemen pemangku kepentingan (stakeholder) proyek, termasuk identifikasi dan analisis kebutuhan stakeholder sambil mengelola dan mengontrol hubungan sepanjang pelaksanaan proyek
  • manajemen integrasi (integration) proyek, merupakan fungsi yang mempengaruhi dan terpengaruh oleh semua area pengetahuan lainnya serta menjalin jadi satu keutuhan semua hal yang terlibat dalam proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar