Kamis, 18 Agustus 2016

006 - Kelompok Proses Manajemen Proyek

Proses merupakan sekelompok aksi dan kegiatan yang saling terkait yang dilakukan untuk mencapai produk, layanan, atau hasil yang direncanakan sebelumnya. Di dalam PMBOK (Project Management Body of Knowledge) edisi V tahun 2012, terdapat 5 kelompok proses manajemen proyek (project management process group) yang saling terkait, yaitu: pemulaan (initiating), perencanaan (planning), pelaksanaan (executing), pengawasan dan pengontrolan (monitoring and controlling), dan penutupan (closing).


  • Proses pemulaan (initiating) melibatkan kegiatan untuk mendefinisikan dan memulai proyek atau fase proyek.
  • Proses perencanaan (planning) melibatkan merencanakan dan memelihara skema yang bisa dipakai untuk memastikan proyek terlaksana dan bisa memenuhi kebutuhan organisasi, didalamnya biasa termasuk beberapa rencana, seperti rencana manajemen cakupan proyek, rencana manajemen skedul, rencana manajemen biaya, dan rencana manajemen pengadaan.
  • Proses pelaksanaan (executing) melibatkan kegiatan untuk mengkoordinasi orang dan sumberdaya lain untuk menjalankan berbagai rencana dan kegiatan membuat produk, layanan, atau hasil proyek atau fase proyek.
  • Proses pengawasan dan pengontrolan (monitoring and controlling) melibatkan mengukur dan mengawasi perkembangan jalannya proyek secara berkala untuk memastikan tim proyek mencapai tujuan proyek. Manajer proyek melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap rencana yang telah dibuat dan melakukan tindakan perbaikan ketika diperlukan.
  • Proses penutupan (closing) melibatkan mensahkan atau melegalkan penerimaan akan hasil proyek ataupun fase proyek dan mengakhiri proyek secara efisien.
Biasanya, kegiatan-kegiatan proses pelaksanaan (executing) membutuhkan paling banyak sumberdaya dan waktu, diikuti berikutnya oleh kegiatan-kegiatan proses perencanaan (planning). Kegiatan-kegiatan proses pemulaan (initiating) dan penutupan (closing) biasanya paling membutuhkan sedikit waktu dan sumberdaya. Tapi setiap proyek adalah unik, sehingga alokasi waktu dan sumberdaya pada setiap proyek bisa berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar